PERBEDAAN AMP DAN NON AMP
BlOG VALID AMP
1. Blog valid AMP merupakan blog yang sangat di haruskan oleh Google, yang mana blog AMP jika dibuka dari smartphone kecepatan loading blog akan di percepat 4 kali lebih cepat dari blog pada umumnya
2. Blog valid AMP lebih bersahabat dengan mesin pencari, jadi lebih SEO dibandingkan blog biasa
3. Di penelusuran Google terdapat logo petir berbeda dengan blog biasa
4. Tidak diperbolehkan menggunakan JavaScript
5. Saat membuat artikel 2 kali lebih ribet dibandingkan blog biasa
6. Cepat mendapatkan backlink dari Google, lebih cepat mendapatkan pengunjung organik
BLOG NON AMP
1. Blog non AMP loadingnya sangat berat jika dibuka dari smartphone, dan banyak memakan kuota, dan rata rata bisa menghabiskan 2-3mb perhalaman di tambah lemot lagi
2. Saat membuat artikel sangat gampang karena di perbolehlan menggunakan javascript
3. Susah bersaing di mesin pencari, beda banget dengan AMP
4. Lama untuk mendapatkan pengunjung organik
Baca Juga : manfaat yang harus sobat ketahui tentang blog valid Amp
Dari beberapa ulasan di atas adalah menurut pengalaman saya pribadi, saat membuat blog biasa, blog valid AMP lebih unggul dari blog biasa hanya saja blog AMP saat membuat artikel 2 kali lebih ribet.
Contohnya sepeti memasukan gambar kita harus mengedit Htmlnya agar valid AMP kalau tidak di edit akan terjadi eror dan blog AMP akan menjadi kritis dan tidak lagi valid AMP
Berbeda dengan blog biasa saat menambahkan gambar cukup upload saja maka sudah selesai
Mungkin karena blog AMP masih manual dan belum otomatis seperti blog biasa, maka blog AMP jadi lebih istimewa di bandingkan blog biasa
Semoga bermanfaat !